Spanyol Keluhkan Penggunanaan VAR Di Piala Dunia 2018

VAR piala dunia 2018Tim nasional Spanyol akan menghadapi sebuah tantangan baru di Piala Dunia 2018. Tim berjuluk La Furia Roja mengaku akan sedikit terganggu dengan kehadiran teknologi baru video assistant referee (VAR).

Piala Dunia 2018 akan diselenggarakan di Rusia mulai 14 Juni sampai 15 Juli musim panas ini mendatang. Di turnamen sepakbola akbar itu, FIFA menerapkan VAR setelah disetujui oleh presiden Gianni Infantino Maret silam.

FIFA beralasan, penerapan VAR akan membantu wasit dalam membuat keputusan yang seadil-adilnya dalam pertandingan Piala Dunia. Tapi, pelatih tim nasional Spanyol, Julen Lopetegui memiliki pendapat lain mengenai penerapan teknologi tersebut.

Sebagai pelatih, Lopetegui menyebut jika keberadaan VAR justru bisa mengganggu ritme pertandingan. VAR memang akan membuat pertandingan terpaksa dihentikan sementara saat menentukan sebuah kejadian, seperti gol atau pelanggaran misalnya.

Nah, menghentikan pertandingan itulah yang disesalkan oleh Lopetegui. Spanyol ditanganinya, adalah tim yang dikenal mengandalkan ball possession, yang artinya menghentikan pertandingan saat sedang menguasai bola tentu bisa sangat mengganggu ritme bertanding.

Untuk itu, Lopetegui akan melakukan persiapan untuk menyesuaikan diri dengan penggunaan VAR di Piala Dunia nanti. Ia akan membuat Sergio Ramos dan rekan-rekannya memahami bagaimana bertanding dalam situasi yang sempat dijeda.

“Ini adalah persoalan serius. VAR akan berpengaruh dalam menentukan kondisi banyak pertandingan di Piala Dunia. Penggunaan VAR berarti akan menghentikan kemudian melanjutkan pertandingan. Saya rasa itu akan mempengaruhi ritme dan jalannya pertandingan,” jelas Julen Lopetegui.